Senin, 02 Agustus 2021

PEMASARAN BUKU

 

PEMASARAN BUKU

Senin, 2 Agustus 2021


Resume ke      : 10

Gelombang     : 19

Tema               : Pemasaran Buku

Narasumber     : Agus Subardana

Moderator       : Aam Nurhasanah

Penulis            : Cahyati, S.Pd

 

Guru bloger Indonesia Om Jay, mengugah semangat Kembali untuk selalu mengikuti langkah pasti menuju kesuksesan dalam berliterasi menulis dan memasarkan buku. Mengawali kelas menulis ini dibuka dengan Puji syukur kepada Allah dan memohonkan Kesehatan untuk kita semua. Kelas menulis malam ini akan penuh makna karena kehadiran narasumber  Bapak Agus Subardana mengajak kita untuk memahami dalam memasarkan buku. Lebih dasyat lagi ibu  Aam Nurhasanah juga hadir sebagai moderator.

Selaku moderator ibu Aam mengawali dengan memberi salam kepada seluruh peserta kelas menulis malam ini. Juga menyampaikan CV Nara sumber, Pak Agus adalah seorang direktur Marketing di Penerbit Andi Yogjakarta. Beliau menyelesaikan studi S1 dan S2 mengambil jurusan Managemen pemasaran.

Sebagai praktisi Pak Agus akan membagikan ilmunya kepada kita bagaimana memasarkan buku yang efektif

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Perkembangan penerbitan buku sangat terpengaruh oleh situasi pandemi covid 19 yang mengakibatakan penurunan omset secara dratis. bisa bertahan di era covid 19. Satu langkah cerdas agar penerbit tetap hidup dan mencapai hasil maksimal maka ditempuhlah cara yang dianggap jitu dalam pemasaran buku.


Fluktuatif perkembangan penjualan buku dirasa mulai dari Maret 2020 hingga Mei  banyak toko buku yang tutup selama PPKM. Pembatasan menurunkan  omset, sehingga terdampak pada penerbit, namun bagi penerbit Andi al hamdulillah masih bisa bertahan. Di era pademi covid 19 yang belum berakhir demi kehidupan dan kesejahteraan maka memperbaharui strategi yakni strategi digital, (online)

Strategi penjualan di era covid dengan upaya 6 langkah

1.         Selalu bisa terhubung dengan pelanggan buku lewat medsos.

2.         Pastikan buku mudah ditemukan. lewat on line.lewat sopy,buka lapak, WA dll.

3.         Pemasaran buku lewat komunitas kita bisa membutuhkan dan menawarkan

4.         Selalu tampil yang pertama dalam bersosial media.

 5.        Proaktif melayani secara tepat, promo khusus, discount,efen wibinar,

6.         Brand Tanggap situasi menumbuhkan empati kebutuhan konsumen

Strategi pemasaran itu unik banyak aspek yang perlu diresapi maka harus jitu melihat trend yang ada dipasar.Hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.

Jenis – jenis buku yang di terbitkan Penerbit ANDI Offset dikelompokan menjadi 32 katagori buku. 1. Katagori buku Anak,

2. buku Bisnis,

3. Buku Pertanian,

4.Buku Fiksi - Novel,

5. Buku Pengembangan Diri,

6. Buku Teks , dll ).

Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.   Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.    Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya..

Strategi Pemasaran buku di penerbit Andi dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,

Guna membangun jaringan yang survive maka mengambil langkah Strategi yakni:

1. Serangan udara on line. Membuat wibset dijadikan markas besar, reseler, wa dll.

 2. Berupaya terus menerus agar mendapatkan konsumen baru.

3. Menjaga kestabilan penjualan agar terhindar dari lesu akibat pandemi covid 19.

4. Menaikkan penjualan profit.

5 membandingkan product, membentuk citra positif dimata pembeli Strategi lain lewat  

   pemasaran komunitas

Strategi pemasaran Pemetaan toko buku serangan darat :

 1.toko modern, menganut sistem konsinasi titip jual. Menguasai display , promo pasang  

   produk, Neon Book,eks baner, flayer, discont dll.

2. Semi modern,

3 semi tradisional. Sistem tunai Datang lansung ke TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi   dibentuk Team dooor to dor di bedakan klaster buku tema tiap jenjang serta buku teks Perguruan Tinggi yang esusi Fakultasnya dan juga bisa memasarkan buku refrensi 

Kondisi yang tidak menentu mewajibkan kita berganti strategi agar kelangsungan kegiatan pemasaran buku  bisa survive. Dituntut keaktifan dan kreativitas di masa pandemi covid 19 agar kita tidak tertinggal jauh. Mari kuatkan tekat, kobarkan semangat, pantang menyerah dan ulet

 

 

3 komentar:

  1. Mari, bu. Semangat. Sudah ditunggu Pak Agus tuh. Semoga.

    BalasHapus
  2. Assalamu Alkm, Maaf Bunda saya angota baru mohon bimbingan dan tegur sapanya semoga saya juga bisa menjadi bagian dari para penulis seperti Bunda

    BalasHapus

Featured Post

REFLEKSI HOBBY PUTRA PUTRI KELAS XII TKJB