PEMASARAN BUKU
Senin, 2 Agustus 2021
Resume ke : 10
Gelombang : 19
Tema : Pemasaran
Buku
Narasumber : Agus
Subardana
Moderator : Aam Nurhasanah
Penulis :
Cahyati, S.Pd
Guru bloger Indonesia Om Jay, mengugah semangat Kembali untuk
selalu mengikuti langkah pasti menuju kesuksesan dalam berliterasi menulis dan
memasarkan buku. Mengawali kelas menulis ini dibuka dengan Puji syukur kepada Allah
dan memohonkan Kesehatan untuk kita semua. Kelas menulis malam ini akan penuh
makna karena kehadiran narasumber Bapak
Agus Subardana mengajak kita untuk memahami dalam memasarkan buku. Lebih dasyat
lagi ibu Aam Nurhasanah juga hadir sebagai moderator.
Selaku moderator ibu Aam mengawali dengan memberi salam kepada seluruh
peserta kelas menulis malam ini. Juga menyampaikan CV Nara sumber, Pak Agus
adalah seorang direktur Marketing di Penerbit Andi Yogjakarta. Beliau menyelesaikan
studi S1 dan S2 mengambil jurusan Managemen pemasaran.
Sebagai praktisi Pak Agus akan membagikan ilmunya kepada kita
bagaimana memasarkan buku yang efektif
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak –
anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan
minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan
membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya
membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Perkembangan
penerbitan buku sangat terpengaruh oleh situasi pandemi covid 19 yang
mengakibatakan penurunan omset secara dratis. bisa bertahan di era covid 19.
Satu langkah cerdas agar penerbit tetap hidup dan mencapai hasil maksimal maka
ditempuhlah cara yang dianggap jitu dalam pemasaran buku.
Fluktuatif
perkembangan penjualan buku dirasa mulai dari Maret 2020 hingga Mei
banyak toko buku yang tutup selama PPKM. Pembatasan menurunkan omset, sehingga terdampak pada penerbit, namun
bagi penerbit Andi al hamdulillah masih bisa bertahan. Di era pademi covid 19
yang belum berakhir demi kehidupan dan kesejahteraan maka memperbaharui strategi
yakni strategi digital, (online)
Strategi penjualan di
era covid dengan upaya 6 langkah
1. Selalu bisa terhubung dengan pelanggan
buku lewat medsos.
2. Pastikan buku mudah ditemukan. lewat on
line.lewat sopy,buka lapak, WA dll.
3. Pemasaran buku lewat komunitas kita
bisa membutuhkan dan menawarkan
4. Selalu tampil yang pertama dalam
bersosial media.
5. Proaktif
melayani secara tepat, promo khusus, discount,efen wibinar,
6. Brand Tanggap situasi menumbuhkan
empati kebutuhan konsumen
Strategi pemasaran itu
unik banyak aspek yang perlu diresapi maka harus jitu melihat trend yang ada
dipasar.Hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku
yang di terbitkan Penerbit ANDI Offset dikelompokan menjadi 32 katagori buku. 1.
Katagori buku Anak,
2. buku Bisnis,
3. Buku Pertanian,
4.Buku Fiksi - Novel,
5. Buku Pengembangan
Diri,
6. Buku Teks , dll ).
Strategi pemasaran
pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara,
pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya..
Strategi Pemasaran
buku di penerbit Andi dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi
Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
Guna membangun
jaringan yang survive maka mengambil langkah Strategi yakni:
1. Serangan udara on
line. Membuat wibset dijadikan markas besar, reseler, wa dll.
2. Berupaya terus menerus agar mendapatkan
konsumen baru.
3. Menjaga kestabilan
penjualan agar terhindar dari lesu akibat pandemi covid 19.
4. Menaikkan penjualan
profit.
5 membandingkan product, membentuk citra positif dimata pembeli Strategi lain lewat
pemasaran komunitas
Strategi pemasaran Pemetaan
toko buku serangan darat :
1.toko modern, menganut sistem konsinasi titip jual. Menguasai display , promo pasang
produk, Neon Book,eks baner, flayer,
discont dll.
2.
Semi modern,
3
semi tradisional. Sistem tunai Datang lansung ke TK, SD, SMP, SMA, SMK dan
Perguruan Tinggi dibentuk Team dooor to dor di bedakan klaster buku
tema tiap jenjang serta buku teks Perguruan Tinggi yang esusi Fakultasnya dan
juga bisa memasarkan buku refrensi
Kondisi
yang tidak menentu mewajibkan kita berganti strategi agar kelangsungan kegiatan
pemasaran buku bisa survive. Dituntut keaktifan
dan kreativitas di masa pandemi covid 19 agar kita tidak tertinggal jauh. Mari
kuatkan tekat, kobarkan semangat, pantang menyerah dan ulet
Tulisannya lengkap, mantap
BalasHapusMari, bu. Semangat. Sudah ditunggu Pak Agus tuh. Semoga.
BalasHapusAssalamu Alkm, Maaf Bunda saya angota baru mohon bimbingan dan tegur sapanya semoga saya juga bisa menjadi bagian dari para penulis seperti Bunda
BalasHapus